oleh

KEGIATAN TAPALA SANTANA “Pembuatan Taman Beriman”

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh bumi Santana (SMK Negeri 13 Malang) yang terletak di Perum Villa Bukit Tidar Blok A2 kelurahan Merjosari Kota Malang yaitu masih memiliki lahan yang cukup luas. Lahan yang luas tersebut masih belum dimanfaatkan secara maksimal dalam pembangunan. Pemanfaatan lahan masih sangat terbatas, bahkan lebih sering ditumbuhi tanaman liar saat musim penghujan tiba. Hal inilah yang menginspirasi komunitas Taruna Pencinta Lingkungan (TAPALA) untuk melakukan perubahan. Melalui bimbingan dan dukungan dari Waka Kurikulum Dr.Wiwik Handayani, S.Kep. Ns, M.Kes maka kegiatan TAPALA Santana resmi di launching dalam kegiatan pembuatan taman beriman (bersih, rapi, mandiri)

Para Taruna-Taruni membersihkan lahan untuk pembuatan taman
Mengexplorasi lahan pembuatan taman

Kegiatan pembuatan taman beriman Santana tidak hanya dilakukan oleh para taruna melainkan juga melibatkan seluruh elemen stakeholder termasuk komite dan jajaran dewan guru Pembina. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk memupuk dan mengembangkan rasa peduli taruna-taruni SMK Negeri 13 Malang terhadap lingkungan serta perubahan iklim yang sangat signifikan di era milenial dan memanfaatkan lahan dengan baik.

Para guru pembina juga turut membersihkan lahan untuk taman beriman
Proses pembuatan taman beriman

Pelakasanaan pembuatan taman berlangsung dari tanggal 17-18 Januari 2020. Agar pelaksanaan pembuatan taman beriman lebih menarik, kegiatan tersebut sengaja dilombakan antar kelas/sesuai pembagian blok. Lahan yang akan dijadikan taman dibuat seperti kavling sesuai bagian masing-masing. Penilaian dari taman tersebut meliputi penggunanaan barang bekas/material daur ulang, memiliki tanaman hijau serta kreatifitas desain taman.

Salah satu contoh taman beriman yang sudah bagus

Semoga kegiatan tersebut akan memiliki dampak bagi lingkungan terlebih pada seluruh stakeholder SMK Negeri 13 Malang. Salam hijau untuk kita semua. Rawatlah lingkungan agar lestarinya alam kita nikmati bersama.

Langganan Berita, Masukkan Email Anda:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait