oleh

PENDIDIKAN BERBASIS TARUNA DAN IMTAQ ALA SMKN 13 MALANG

SMKN 13 Malang adalah salah satu sekolah yang menciptakan suasana baru di Kota Malang ini dengan adanya Pendidikan Menengah Kejuruan yang Berbasi Taruna dan Imtaq. Dapat diartikan bahwa sekolah yang berbasis IMTAQ dan Taruna ini adalah berbasis Spritual dan Intelektual, yang berdampak pada Ahlak Siswa dan Kedisiplinan Siswa.

Pendidikan yang seperti ini sangat cocok dikarenakan kalau kita lihat bahwa Negara Indonesia saat ini sedang mengalami ujian berat yang harus dilalui, yaitu terjadinya krisis multidimensional berkepanjangan yang dicirikan oleh membudayanya praktek KKN yang terjadi di setiap lini, baik yang dilakukan oleh warga masyarakat maupun pejabat negara, terjadin ya konflik (antar etnis, agama, dan politisi), meningkatnya kriminalitas, menurunnya etos kerja, terjadinya pemerkosaan yang korban maupun pelakunya siswa sekolah, narkoba, seks bebas, minuman keras dikalangan remaja dan anak, tawuran antar sekolah, serta vandalisme oleh siswa dan mahasiswa.

Ada sepuluh tanda-tanda jaman yang harus diwaspadai, karena jika tanda-tanda itu sudah ada berarti sebuah bangsa sedang menuju jurang kehancuran. Tanda-tanda yang dimaksud adalah: meningkatnya kekerasan di kalangan remaja, penggunaan bahasa dan kata-kata yang memburuk, pengaruh peer group yang kuat dalam tindak kekerasan, meningkatnya perilaku merusak diri, seperti penggunaan narkoba, alkohol, dan seks bebas, semakin kaburnya pedoman moral baik dan buruk, menurunnya etos kerja, semakin rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, rendahnya rasa tanggung jawab individu dan warga negara, membudayanya ketidakjujuran, adanya rasa saling curiga dan kebencian di antara sesama.

Pendidikan TARUNA dan IMTAQ pada saat inisangat cocok untuk zaman yang saat ini seperti diatas, agar Negara Indonesia ini tetap memiliki generasi yang bukan hanya cerdas intelektual, tetapi juga cerdas dalam spiritual. Pendidikan Ketarunaan di SMKN 13 Malang Memiliki Beberapa Prinsip :

A. Janji dan Sumpah Taruna

  1. Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Setia Kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Berdasarkan UUD 1945
  3. Tunduk Kepada Hukum, Serta Menjunjung Tinggi Disiplin Taruna
  4. Bersikap Sopan Santun, Kepada Ortu, Guru dan Sesama
  5. Menjalankan Kewajiban dengan Penuh Rasa Tanggung Jawab Demi Nama Baik Sekolah, Bangsa dan Negara
  6. Senantiasa Menjadi Contoh dalam Sikap dan Kesederhanaan
  7. Kreatif, Cerdas, dan Pantang Menyerah

B. 5 Karakter Wajib Taruna

  1. Taat
  2. Jujur
  3. Disiplin
  4. Kerjasama
  5. Berprestasi

Kegiatan dalam ketarunaan ini di naungi oleh Lanal dan Dinas Pendidikan. Berikut di bawah ini beberapa gambaran kegiatan ketarunaan:

 

 

Sedangkan pada SMKN 13 Malang Berbasis IMTAQ, sekolah melakukan berbagai kegiatan kerohanian dengan adanya kegiatan:

  1. Istighosah dan Khotmil Alqur’an 1 bulan sekali bersama Komite dan Siswa.
  2. Khotmil AlQur’an 2 hari sekali bersama siswa, guru dan karyawan.
  3. Kegiatan “NGAJI BARENG” Bersama Bapak Ibu Guru, selepas kegiatan PBM yaitu mulai dari Pukul 16.00 s.d 17.00 WIB, setiap hari Senin s.d Jum’at.
  4. Kegiatan Tahlil dan Diba’ bersama Guru, Karyawan, Siswa dan Komite yang berminat atau tidak berhalangan hadir, pada Setiap Malam Jum’at, selepas ba’da magrib Pukul 18.00 s.d 19.00 WIB.
  5. Pengajian UMMI bagi Bapak Ibu Guru dan Karyawan yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an, setiap hari Senin s.d Kamis, Pukul 13.00 s.d 15.00 WIB.

Kegiatan SMKN 13 Malang berbais IMTAQ ini di Fasilitasi dengan menghadirkan guru dan karyawan yang berasal dari Ponpes Kota Malang dan juga di beri fasilitas MASJID SMKN 13 Malang yang bernama INSAN KAMIL. Berikut di bawah ini beberapa gambaran kegiatan SMKN 13 Malang berbasis IMTAQ:

MAKA DARI ITU BERGABUNGLAH DENGAN KAMI SMKN 13 MALANG, KARENA KAMI MENCETAK GENERASI BANGSA YANG MEMILIKI JIWA TARUNA DAN IMTAQ.

Langganan Berita, Masukkan Email Anda:

Tentang Penulis: Barnabas H.

Gambar Gravatar
Pegawai SMKN 13 Malang, HOBI NGOPI kaleh NYANTRI. Pesan: Jadikanlah Perintah NYA rumahmu. Jadikanlah Larangan NYA kacamatamu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait