SMKN 13 Malang

Kreatif, Inovatif, dan berbudaya

SMKN 13 Malang

Kreatif, Inovatif, dan berbudaya

kURIKULUM

PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki peranan sangat strategis dalam membangun karakter peserta didik

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki peranan sangat strategis dalam membangun karakter peserta didik. Projek penguatan ini ikut mengampanyekan nilai-nilai persatuan, kebangsaan, toleransi, kepedulian terhadap sesama, pelestarian lingkungan, dan sebagainya sehingga hal yang dipelajarinya melalui kegiatan kokurikuler bisa berdampak dan teraktualisasi dalam kehidupan. Ada enam elemen dalam Profil Pelajar Pancasila yaitu: (1) Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia, (2) Berkebhinekaan global, (3) Gotong royong, (4) Mandiri, (5) Bernalar kritis, dan (6) Kreatif. Keenam elemen ini dilihat sebagai satu kesatuan yang saling mendukung dan berkesinambungan satu sama lain. Profil Pelajar Pancasila berbentuk softskill dan harus diterapkan dalam proses pembelajaran, yaitu kegiatan kokurikuler.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 13 Malang diatur blok mingguan. Projek ini terdiri atas tema wajib yaitu Kebekerjaan dan dua tema pilihan. Pada kelas X, terdapat 288 jam pelajaran dan diatur selama kurang lebih 6 minggu, sedangkan untuk keloas XI sebanyak 144 jam pelajaran dan diatur selama kurang lebih 3 minggu. Untuk tema pilihan, sekolah menetapkan tema pilihan yang sama untuk semua peserta didik. Pemerintah menetapkan tema-tema  utama  untuk  dirumuskan menjadi topik oleh satuan pendidikan sesuai dengan konteks wilayah serta karakteristik peserta didik. Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar pancasila yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan sebagai berikut. (1) Gaya Hidup Berkelanjutan, (2) Kearifan Lokal, (3) Bhinneka Tunggal Ika, (4) Bangunlah Jiwa dan Raganya, (5) Suara Demokrasi, (6) Rekayasa dan Teknologi, (7) Kewirausahaan (jenjang SMK/MAK sudah memiliki  mata pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan, maka tema ini tidak menjadi pilihan untuk jenjang SMK/MAK), dan (8) Kebekerjaan.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 13 Malang dilaksanakan sebagai berikut:

  1. Pengorganisasian:
  1. Peserta didik menyelesaikan 3 (tiga) projek  dengan  2  (dua)  tema  pilihan  dan  1  (satu)  tema Kebekerjaan di kelas X, 2 (dua) projek dengan 1 (satu) tema pilihan dan  1  (satu)  tema  Kebekerjaan  di  kelas  XI,  dan  1  (satu)  projek dengan tema Kebekerjaan di kelas XII.
  2. Pada semester ganjil, peserta didik kelas X dan XI menyelesaikan projek sebanyak 1 tema besar, dan pada semester genap sebanyak 2 tema besar untuk kelas X dan 1 tema besar untuk kelas XI dengan setiap semester diberikan alokasi waktu 18 minggu.
  3. Tema besar projek tersebut mengacu pada tema-tema projek Profil Pelajar Pancasila dan projek SMK Negeri 13 Malang. Tema yang diambil:

     Kelas X

  • Gaya Hidup Berkelanjutan (semester genap)
  • Suara Demokrasi (semester ganjil)
  • Kebekerjaan (semester genap)

     Kelas XI

  • Kearifan Lokal (semester ganjil)
  • Kebekerjaan (semester genap)

     4. Tiap tema besar tersebut dapat dibagi menjadi beberapa tema projek kecil

Prosedur Pemilihan Tema Projek

  1. Pemilihan salah satu tema pilihan projek profil pelajar Pancasila yang akan dikerjakan di kelas dan semester tertentu dirumuskan sama untuk satu sekolah.
  2. Setiap mata tema dianalisis kesesuaian materi pokok (berdasarkan Capaian Pembelajaran) yang sesuai dengan tema projek.
  3. Tema dipilih berdasarkan diskusi koordinator P5 bersama Waka Kurikulum dan Kepala Sekolah.

Strategi Pembelajaran Projek Pembelajaran berbasis projek dilaksanakan dengan Model Project Based Learning