oleh

Sosialisasi Program E-Raport Versi 5.0 di SMKN 13 Kota Malang

Para Bapak Ibu Guru SMKN 13 Kota Malang, dalam kegiatan sosialisasi program e-raport

Perubahan merupakan sebuah keniscayaan, dan hampir segala aspek kehidupan sekarang telah berkembang dan berubah sesuai dengan perkembangan IPTEK. Termasuk dunia pendidikan, tuntutan perkembangan revolusi industri 4.0 harus segera di respon dengan melakukan trobosan-trobosan baru yang di sesuaikan dengan perkembangan dunia digital saat ini. Perkembangan IT dalam dunia pendidikan bukanlah hal baru, dewasa ini inovasi IT pendidikan terus mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut tentu harus kita respon dengan baik, mengingat dunia pendidikan ialah pondasi dasar sebuah perubahan itu sendiri. Oleh karena itu, perlu dilakukan kerjasama dan sosialisasi IT kepada seluruh stakeholder tertutama bapak ibu guru sebagai ujung tombak perubahan pendidikan di Indonesia.

Antusisme Bapak Ibu Guru dalam menyimak sosialisasi program e-raport

Pada tanggal 31 Oktober 2019 SMKN 13 Kota Malang sebagai sekolah kejuruan yang tanggap akan perubahan telah mempersiapkan diri guna melakukan revolusi sesuai tuntutan industri 4.0. Salah satunya ialah mengadakan kegiatan sosialisai program pembelajaran dan penggunakan aplikasi e-raport versi 5.0. Kegiatan ini merupakan bagian dari program wakil kepala sekolah bidang kurikulum bersama tim IT sekolah untuk mengajak seluruh guru mapel, wali kelas, para kaprogli dan guru BK untuk terlibat aktif dalam penilaian berbasis digital.

Tim IT bidang kurikulum menjelaskan program e-raport

Selain itu, manfaat dari kegiatan ini antara lain;(1) untuk memberikan wawasan baru pada guru terkait penggunaan aplikasi e-raport yang sudah menjadi kebijakan direktorat PSMK.(2) Mempermudah stakeholder untuk melakukan monitoring terhadap proses penilaian yang dilakukan oleh guru.(3) Mempermudah guru dan wali kelas untuk melakukan penilaian terhadap peserta didik baik pengetahuan dan keterampilan.

Ibu Wiwik Handayani selaku wakil bidang kurikulum mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan awal sosialisasi yang nantinya akan dilanjutkan workshop guna mengaplikasikan penggunaan sistem penilaian e-raport. Semoga dengan kegiatan sosialisasi e-raport tersebut diharapkan mengubah paradigma tentang sistem penilaian selama ini, karena adanya tuntutan perkembangan IT dan menambah ilmu bagi stakeholder di SMKN 13 Kota Malang.

Langganan Berita, Masukkan Email Anda:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait