oleh

Ujian Ketarunaan SMKN 13 Malang Tahun 2019 di Lanal Malang

Semangat Taruna-Taruni SMKN 13 Malang saat Ujian Ketarunaan
Ucapan selamat menempuh Ujian Ketarunaan
Foto bersama setelah upacara pembukaan ujian ketarunaan

Kegiatan ketarunaan merupakan salah satu ciri khas SMKN 13 Malang. Tujuan kegiatan ketarunaan untuk membentuk Taruna-Taruni SMKN 13 Kota Malang menjadi peserta didik yang memiliki karakter Taruna yang taat, jujur, disiplin, bisa bekerjasama dengan yang lain, dan bisa berprestasi sesuai dengan bakat masing-masing. Karakter tersebut sangat diperlukan sekali bagi taruna-taruni baik di lingkungan sekolah, tempat praktek kerja industri (Prakerin), pergaulan dengan teman sebaya, keluarga, ataupun nanti ketika sudah hidup bermasyarakat.

Kegiatan Outbond Orientasi Ujian Ketarunaan

Pelaksanaan evaluasi kegiatan ketarunaan sebagai tolak ukur dan penilaian, maka sesuai acuan program waka kesiswaan perlu dilaksanakan ujian ketarunaan. Ujian ketarunaan ini akan ditempuh pada jenjang kelas X sebelum mereka naik ke kelas XI. Pada tahun pelajaran 2018-2019, pelaksanaan ujian ketarunaan dilaksanakan pada tanggal 11-12 April di Lanal Malang.

Penyematan tanda peserta oleh Mayor Laut (P) Yuhanit

Upacara pembukaan ujian ketarunaan SMKN 13 Malang tahun 2019 resmi dibuka pada hari kamis 11 April, oleh Danlanal Malang yang diwakili oleh Pasops Lanal Malang Mayor Laut (P) Yuhanit diikuti oleh 160 peserta terdiri dari (75 taruna, 85 taruni) dengan pembimbing Waka Kesiswaan Drs. Urip Widodo, bertempat di lapangan apel mako Lanal Malang.Dalam amanatnya Pasops Lanal Malang Mayor Laut (P) Yuhanit mengatakan bahwa system pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip ketarunaan yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan karakter dengan melalui proses yang dilakukan siswa akan dibentuk menjadi pribadi yang berkarakter, serta apabila tumbuh di lingkungan yang berkarakter dengan begitu siswa akan menjadi berkembang sesuai tujuan hidup.

Upacara penutupan kegiatan ujian ketarunaan
Pelepasan tanda peserta oleh Letkol Laut (KH) Drs. Muriyanto

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan setiap siswa mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat selama ini meliputi kejujuran, fisik yang kuat serta semangat pantang menyerah dan disiplin yang tinggi merupakan bagian yang tidak bias terpisahkan dari semangat bela negara. Kegiatan ujian ketarunaan ini meliputi; Cek kesehatan, Ujian PBB dan kesamaptaan jasmani ( Lari 12 menit, Pull Up, Sit Up, dan Push Up. Kegiatan yang berlangsung dua hari ini, ditutup oleh Palaksa Lanal Malang Letkol Laut (KH) Drs.Muriyanto bertempat di Indoor Sport ‘Oentoro Soemarjo’ dengan ditandai pelepasan tanda peserta dan pemberian sertifikat kepada taruna-taruni SMKN 13 Malang.

Langganan Berita, Masukkan Email Anda:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait